Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT DAN PERHATIAN BELAJAR SISWA TENTANG BIOLOGI DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 2 BUNTA
Nama: SITI KHALIMATUS SAKDIYAH
Tahun: 2021
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: (1) Pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar siswa tentang biologi dalam masa pandemi COVID-19 di SMAN 2 Bunta. (2) Pengaruh pembelajaran online terhadap perhatian belajar siswa tentang biologi dalam masa pandemi COVID-19 di SMAN 2 Bunta. (3) Pengaruh minat belajar terhadap perhatian belajar siswa SMAN2 Bunta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik kluster random sampling kuota. Sampel penelitian ini berjumlah 86 siswa. Data diperoleh melalui pengisian kuisioner oleh siswa. Uji yang dilakukan yaitu uji t, analisis hubungan (R), besarnya pengaruh (R adj. Square), dan kekuatan hubungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran online berpengaruh terhadap minat belajar siswa SMAN 2 Bunta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R Adj. Square sebesar 0,271 (27,1%). Artinya, varibel minat belajar dipengaruhi oleh variabel pembelajaran online sebesar 27,1%. Adapun besarnya pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar adalah rendah. (2) Pembelajaran online berpengaruh terhadap perhatian belajar siswa SMAN 2 Bunta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R Adj. Square sebesar 0,587 (58,7%). Artinya, varibel perhatian belajar dipengaruhi oleh variabel pembelajaran online sebesar 58,7%. Adapun besarnya pengaruh pembelajaran online terhadap perhatian belajar adalah sedang. (3) Minat belajar berpengaruh terhadap perhatian belajar siswa SMAN 2 Bunta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R Adj. Square sebesar 0,484 (48,4%). Artinya, varibel perhatian belajar dipengaruhi oleh variabel minat belajar sebesar 48,4%. Adapun besarnya pengaruh hubungan minat belajar terhadap perhatian belajar adalah sedang.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up