JudulIDENTIFIKASI GAYA MENGAJAR GURU IPA SMP DI KECAMATAN PAMONA TIMUR KABUPATEN POSO |
Nama: KRISTIAN VALENTINO TUMONGGI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Kristian, 2021. “ Identifikasi Gaya Mengajar Guru IPA SMP di Kecamatan Pamona Timur Kabupaten Poso.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Program Sarjana, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Dewi Tureni. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya mengajar yang digunakan oleh guru IPA SMP di Kecamatan Pamona Timur, Kabupaten Poso. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel jenuh dengan mengambil seluruh guru IPA SMP di Kecamatan Pamona Timur, Kabupaten Poso sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa gaya mengajar yang sering digunakan oleh guru IPA SMP di Kecamatan Pamona Timur, Kabupaten Poso yaitu Gaya Mengajar Personalisasi (90%), Gaya Mengajar Klasik (86%), Gaya Mengajar Interaksional (84%), dan Gaya Mengajar Teknologis (78%). Melalui hasil penelitian juga diketahui bahwa sebagian besar guru IPA SMP di Kecamatan Pamona Timur, Kabupaten Poso tidak hanya terpaku untuk menerapkan satu gaya mengajar saja secara terus menerus dan konsisten namun diselingi antara gaya mengajar satu dengan yang lainnya sesuai dengan keadaan dan kebutuhan kelas serta ketersediaan fasilitas penunjang. Kata kunci: Gaya Mengajar, Pembelajaran IPA |