JudulPeningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA 1 Di SMA Negeri 1 Sirenja |
Nama: INGGIT USWATUN HASANAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Inggit Uswatun Hasanah. 2023 Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Sirenja. Skripsi, program studi pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Dr. Hj Masrianih M.P dan Pembimbing II Isnainar, S.P.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Sirenja dengan penerapan model pembelajaran mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 tahap rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, tiap pertemuan 2 jam pelajaran (2x45 menit). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sirenja. Yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 21 perempuan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersumber dari data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian di peroleh pada siklus I yaitu presentase ketuntasan belajar klasikal siswa mencalai 71,19% masuk dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yang signifikan dengan aktivitas siswa mencapai 83,37% kategori baik. Dapat di simpulkan bahwa hasil penelitian dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Pembelajaran Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Sirenja. Kata kunci: Biologi Hasil Belajar, Mind Mapping |