JudulPenggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Lariang |
Nama: NIRMA |
Tahun: 2022 |
Abstrak NIRMA, 2022. Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Lariang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Amran Rede, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi google classroom terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Lariang yang berjumlah 224 siswa, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa dengan pengambilan sampel secara acak dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi google classroom terhadap pembelajaran daring dapat dikatakan cukup efektif dengan nilai rata-rata persentase 75,9 % dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan data angket. Berdasarkan hasil wawancara sebelum pembelajaran dimulai guru melakukan perencanaan pembelajaran daring yaitu dengan menyiapkan beberapa perangkat pembelajaran beserta tugas-tugas yang akan diberikan kepada siswa,. Pada pelaksanaan pembelajaran daring materi yang disajikan dalam bentuk video pembelajaran, gambar, dan powerpoint. Pada evaluasi penggunaan google Classroom, melakukan evaluasi penilaian yang diamati secara online baik pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Faktor penghambat digunakan aplikasi google classroom karena aplikasi ini mudah untuk diakses dan tidak ribet, kendala lainnya yang didapatkan selama pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom bahwa sering sekali terkendala masalah koneksi jaringan internet baik antara pendidik maupun siswa Kata Kunci: Google Classroom, Pembelajaran Daring, Covid-19 |