JudulPerbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu |
Nama: NURFADILA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu negara, setiap perbuatan dan tindakan dalam pendidikan selalu menghendaki hasil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan hasil belajar siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode komparatif. Sampel dalam penelitian yaitu kelas XI MIPA 3 sebanyak 16 orang siswa, XI MIPA 4 sebanyak 12 orang siswa dan XI MIPA 5 sebanyak 18 orang siswa yang berjumlah 46 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan mengambil nilai akhir yang diperoleh siswa saat pembelajaran daring pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 pada mata pelajaran biologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui pembelajaran daring dikelas XI MIPA pada mata pelajaran biologi SMA Negeri 5 Model Palu. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang di peroleh siswa yaitu nilai tertinggi di kelas XI MIPA 3 dengan nilai 83, kemudian XI MIPA 5 dengan nilai 77 dan yang terendah XI MIPA 4 dengan nilai 74 |