Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 5 MODEL PALU
Nama: YULVIANI I. MAILILI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Yulviani I. Mailili, 2022. “Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Abd. Hakim Laenggeng. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan persepsi siswa terhadap pembelajaran daring, kendala yang dihadapi oleh siswa terhadap pembelajaran daring, dan solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, XI MIPA 4, XI MIPA 5 dan sampel penelitian berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu termasuk dalam kategori baik dengan presentase 70%. Kendala yang terjadi saat pembelajaran daring yaitu siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran daring dengan efektif karena ketidakstabilan jaringan internet, kesulitan untuk konsentrasi dalam pembelajaran daring, terlambat dalam mengumpulkan tugas, kurangnya partisipasi dalam pembelajaran, ketidak tertarikan terhadap materi pembelajaran, bosan saat pembelajaran berlangsung, motivasi belajar menurun menyebabkan kurangnya kemauan dan keinginan dalam belajar, melamun dan mengantuk saat pembelajaran sehingga sulit memahami materi yang diberikan, siswa tidak menyukai pembelajaran daring karena waktu belajar yang relatif singkat, komunikasi yang terbatas, jaringan serta kuota internet yang kurang memadai. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah diharapkan guru bisa membuat video pembelajaran yang menarik dan dapat diakses secara offline sehingga siswa yang mengalami kendala pada jaringan internet dapat mengaksesnya, guru dapat memanfaatkan platform serta media teknologi dalam menunjang pembelajaran daring agar siswa tidak bosan saat belajar, dan peran orang tua sebagai guru dalam mendampingi dan mengawasi siswa selama pembelajaran daring sangatlah penting. Kata kunci : Persepsi Siswa, Pembelajaran Daring, COVID-19, Mata Pelajaran Biologi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up