JudulPeran Orang Tua Dalam Mendampingi Pembelajaran Anak Kelas VIII MTs Negeri 1 Palu Pada Masa Pandemi Covid 19 |
Nama: LILI RAHMADHANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Lili Rahmadhani, (2022). “Peran Orang Tua dalam Mendampingi Pembelajaran Anak Kelas VIII Mts Negeri 1 Palu Pada Masa Pandemi Covid 19”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing, Bustamin Pembelajaran adalah suatu proses, yaitu proses mengatur dan mengorganisasi lingkungan yang ada, sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong untuk melakukan proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak kelas VIII MTs Negeri 1 Palu pada masa pandemi Covid 19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui observasi dan wawancara tertulis yang dilakukan pada bulan Juni sampai bulan Juli tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 18 orang tua atau 56% yang mendampingi pembelajaran anaknya, dan sebanyak 14 orang tua atau 44% yang tidak mendampingi pembelajaran anaknya. Kemudian sebanyak 23 orang atau 72% ibu yang mendampingi pembelajaran anak sedangkan 9 orang atau 28% ayah yang mendampingi pembelajaran anak. Serta mengenai pekerjaan orang tua diperoleh data sebesar 53% atau sebanyak 17 orang tua yang bekerja sebagai guru atau pegawai negeri sipil (PNS), 19% atau masing-masing sebanyak 6 orang tua bekerja sebagai ibu rumah tangga (IRT) dan Wiraswasta, dan sebesar 3% atau masing-masing 1 orang tua yang bekerja sebagai dosen, pekerja sosial, dan wirausaha. Kata Kunci : Peran orang tua, Pembelajaran, Covid 19 |