JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA TENTANG BIOLOGI DI SMAN 1 BUNOBOGU |
Nama: SRI NANDA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Sri Nanda, 2022. “Pengaruh model pembelajaran inquiri berbasis HOTS (Higher Order Thinking skills) terhadap keterampilan berfikir kritis siswa tentang biologi di SMAN 1 Bunobogu “. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Lilies Tangge. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inquiri berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills )terhadap keterampilan berfikir kritis siswa tentang biologi di SMAN 1 Bunobogu. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu (Quasi experimental ), yakni dengan menggunakan desain control group posttest-only design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dan kelas XI IPA 2 menggunakan metode pembelajaran ceramah. Hasil belajar yang diperoleh siswa dengan memberikan posttest diakhir pembelajaran dengan persentase nilai rata-rata kelas eksperimen 80,7 dengan standar deviasi 18,91 dan persentase nilai rata-rata pada kelas kontrol/pembanding 57 dengan nilai standar deviasi 26,3. Maka dilakukan uji hipotesis diketahui nilai ttabel = 1,99 dan thitung= 4,16 untuk nilai sig = 0,000 dengan menggunakan bantuan program SPSS-25 diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Dengan demikian bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiri berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills ) berpengaruh terhadap keterampilan berfikir kritis siswa tentang biologi di SMAN 1 Bunobogu. Kata kunci : Model pembelajaran, inquiry, HOTS, Berfikir Kritis Siswa |