JudulPENGARUH PEMBELAJARAN DARING APLIKASI LMS DAN ZOOM PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI |
Nama: VALLERY BIANCA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Bianca, V. 2022. “Pengaruh Penggunaan aplikasi LMS dan Zoom terhadap motivasi belajar pada mata kuliah belajar dan pembelajaran Mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Biologi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, Lilies Tangge. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan aplikasi LMS dan Zoom terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah belajar dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas C Angkatan 2020 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengambilan data menggunakan angket online yaitu google form. Hasil penelitian ialah (1) Terdapat pengaruh penggunaan aplikasi LMS pada mata kuliah belajar dan pembelajaran terhadap motivasi mahasiswa program studi Pendidikan biologi dimana pada penggunaan aplikasi lms mahasiswa dapat dengan mudah untuk mengirim tugas dan ujian tertulis secara maksimal dengan demikian memicu mahasiswa dalam pemberian motivasi belajar pada dirinya sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. (2) Terdapat pengaruh aplikasi Zoom terhadap dorongan melakukan diskusi tatap maya secara online dan mahasiswa dapat merasakan pembelajaran langsung seperti pada kelas umumnya sehingga mahasiswa tidak merasa jenuh melainkan motivasi belajar mahasiswa terpacu dan proses belajar berjalan dengan efektif. Pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tadulako khususnya kelas C Angkatan 2020 penggunaan aplikasi LMS dan zoom terhadap motivasi belajar mahasiswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa sesuai dengan kebutuhan pembelajaranya. Kata Kunci: LMS, ZOOM, Motivasi Belajar |