JudulIDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR PENYEBABNYA PADA SISWA SMP NEGERI 2 BOLANO |
Nama: KHAIRUL MA'WAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Khairul Ma’wah, 2021. Identifikasi Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnya Pada Siswa SMP Negeri 2 Bolano. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mohammad Jamhari. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan belajar dan faktor penyebabnya di SMP Negeri 2 Bolano pada Mata Pelajaran IPA Biologi. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan keadaan ditempat pengamatan serta dideskripsikan, secara faktual, dimana data-data yang diambil adalah data yang diperoleh dari fakta-fakta sampel yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 2 Bolano pada tahun ajaran baru 2020/2021. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket Faktor-faktor kesulitan Belajar. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang dominan dari faktor internal adalah faktor psikologi dengan indikator intelegensi dengan presentase 81,67%, minat dengan presentase 51,67?n motivasi dengan presentase 66,67%. Dengan keseluruhan presentase tersebut, maka didapatkan untuk faktor internal presentasenya adalah 57%. Sementara faktor eksternal adalah faktor keluarga dengan indikator suasana rumah 65?ktor sekolah dengan indikator metode mengajar dengan presentase 68,34%, media pembelajaran pesentase 76,67% alat pembelajaran presentase 75%, kedisiplinan dan waktu sekolah 75?n faktor lingkungan dengan indikator aktifitas bermasyarakat dengan presentase 86,67%. Dengan keseluruhan presentase tersebut, maka didapatkan untuk faktor eksternal presentasenya adalah 56,85%. Kata Kunci: Kesulitan Belajar |