Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 PALU
Nama: RAHMAWATI B.LAWAHE
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Rahmawati B. Lawahe, 2020. Hubungan Pengetahuan Gizi dan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Abd. Hakim Laenggeng. Masa remaja merupakan awal perkembangan fisik, mental, maupun sosial sehingga banyak masalah yang berdampak negatif terhadap kesehatan dan status gizi remaja sehingga status gizi remaja cenderung tidak teratur terkadang ada remaja yang memiliki gizi berlebih terkadang ada yang kurang. SMA Negeri 6 Palu merupakan salah satu sekolah menengah atas yang berada di Jalan Padanjakaya, Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu dengan jumlah ruang kelas 20 dan pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Desember 2019. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripsikan pengetahuan gizi dengan prestasi belajar siswa, 2) untuk mendeskripsikan hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa, 3) untuk menggambarkan hubungan pengetahuan gizi dan status gizi dengan prestasi belajar. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Tehnik pengambilan sampel menggunakan metode Simple random sampling. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment pearson dengan menggunakan aplikasi SPSS. Sampel yang digunakan yaitu 63 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji korelasi antara hubungan pengetahuan gizi dan prestasi belajar diperoleh 0,175 dengan kategori hubungan yang sangat rendah karena nilainya berada pada interval 0,00 – 0,199, hasil uji korelasi antara hubungan status gizi dan prestasi belajar diperoleh 0,147 dengan kategori hubungan yang sangat rendah karena nilainya berada pada interval 0,00 – 0,199 kemudian hasil uji korelasi antara hubungan pengetahuan gizi dan status gizi dengan prestasi belajar diperoleh nilai signifikan yaitu 0,236 dengan nilai uji-t diperoleh yaitu 0,069. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan tetapi tidak bermakna dengan kekuatan korelasi rendah antara pengetahuan gizi dan status gizi dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 6 Palu. Kata Kunci : Pengetahuan Gizi, Status Gizi, Prestasi Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up