Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas IX MTs Alkhairaat Palapi
Nama: NUR FAHMI SAFRIANTI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Nur Fahmi Safrianti, 2021. Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas IX MTs Alkhairaat Palapi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing : Lestari MP Alibasyah Motivasi adalah salah satu hal yang berpengaruh pada aktivitas pembelajaran siswa. Tanpa motivasi, proses pembelajaran akan sulit mencapai hasil yang optimal. MTs Alkhairaat Palapi merupakan salah satu Madrasah Tsanawiyah yang berada di Jalan Trans Sulawesi Desa Palapi, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong dengan jumlah ruang kelas 7 dan pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan November 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi kelas IX MTs Alkhairaat Palapi. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Tehnik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan teknik presentase, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus korelasi Analisis Korelasi Rank Spearman. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 50 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 50 siswa kelas IX MTs Alkhairaat Palapi ada 49 orang siswa atau 98% yang memiliki motivasi belajar tinggi dan 1 orang siswa atau 2% yang memiliki motivasi sedang. Berdasarkan analisis Rank Spearman, diperoleh r hitung yaitu 0,945 jika nilai r hitung ini di konsultasikan ke r tabel dengan jumlah sampel penelitian 50 dan taraf kepercayaan 5%, maka diperoleh nilai r tabel yaitu 0,273. Sehingga r hitung > r tabel atau 0,945 > 0,273 berdesarkan kelaziman data penelitian kuantitatif, jika r hitung > r tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha yang diajukan dalam penelitian ini diterima, dan Ho ditolak atau dapat dikatakan bahwa ada hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa MTs Alkhairaat Palapi. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up