JudulPengaruh Model PBL (problem Based Learning) Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa XI IPA SMA Negeri 6 Palu |
Nama: NUR AIMA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Nur Aima, 2020. Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) dalam Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengeteahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Lilies Tangge. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh model PBL (problem based learning) dalam pembelajaran biologi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain rendominasi untuk memasukan subjek kedalam kelompok eksperimen dan kelas kontrol dengan pemberian preetest-posttest. Penelitian dilakukan pada dua kelompok: Kelas XI IPA 1(n=30) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 (n=30) sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan aplikasi SPSS uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai level signifikan 0,000 < 0,05 atau thitung ? ttabel = 3,634 ? 2,001 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, jadi memperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan model PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa mata pelajaran biologi SMA Negeri 6 Palu. Kata kunci: Model PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah. |