JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PALU |
Nama: IRNAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Irnawati, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Mestawaty Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol preetest-postest. Penelitian dilakukan pada dua kelompok: Kelas VII A (n=27) sebagai kelas eksperimen dan VII B (n=27) sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan aplikasi SPSS Uji independent sample T-tes. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh nilai sig 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan lebih kecil dari 0,005. Artinya terdapat pengaruh yang signifikansi antara hasil keterampilan berpikir krtis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Kata kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis |