Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI Di SMA NEGERI 4 PALU
Nama: HARDIAN PRAMESTY
Tahun: 2020
Abstrak
Hardian Pramesty, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving berbasis media audiovisual terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengeteahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Dewi Tureni. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving berbasis media audiovisual terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Palu Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol preetest-posttest. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dua kelompok yaitu Kelas XI IPA 4 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Data awal pretest pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 35,3 dan pada kelas kontrol 34,4. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 73,27 dan kelas kontrol 67,65. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan aplikasi SPSS uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai level signifikan 0,000 < 0,05 atau thitung ? ttabel = 6,805 ?1,997 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, jadi memperoleh kesimpulan terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving berbasis media audiovisual terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Palu. Kata kunci: Problem Solving, Audiovisual, Sistem ekskresi manusia, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up