Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 7 PALU
Nama: HUMAIRA
Tahun: 2021
Abstrak
Humaira, 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 7 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing : Mohammad Jamhari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalen control group design. Penelitian dilakukan pada dua kelompok kelas : kelas VII A (n=32) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B (n=27) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pusposive sampling. Instrument utama yang digunakan yaitu tes essay sebanyak 10 butir soal yang kemudian dianalisis dengan uji hipotesis bantuan software SPSS 18,0 independent samples test t- test. Hasil hipotesis menggunakan bantuan software SPSS diperoleh data Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0.000 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 7 Palu. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up