Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X MIA SMA NEGERI 3 PALU
Nama: JENNY CHRISYE RAGENTU
Tahun: 2020
Abstrak
Jenny Chrisye Ragentu, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Blog Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas X MIA SMA Negeri 3 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dewi Tureni. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran blended learning berbasis blog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas X MIA SMA Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperiment dengan desain pretest-postest control group. Penelitian ini dipilih secara random dilakukan dengan dua kelompok yaitu kelas X MIA 2 kelompok eksperimen (n = 36) dan kelas X MIA 4 kelompok kontrol (n = 36). Pengujian data hasil penelitian menggunakan analisis statistik uji-t dua pihak. Hasil analisis data diperoleh rata-rata ( ) kelas eksperimen 81,67 dengan standar deviasi 7,79 dan rata-rata ( ) kelas kontrol 66,67 dengan standar deviasi 9,78. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji-t dua pihak diperoleh –ttabel¬ ? thitung? +ttabel(thitung 9,31 dan tabel1,66) dengan taraf signifikansi (?) = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 70. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan disimpulkan bahwa metode pembelajaran blended learning berbasis blog berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XMIA Negeri 3 Palu pada materi bakteri. Kara Kunci : Model blended learning; Blog; Hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up