JudulPENERAPAN PEMBELAJARAN KOPERATIF TEAM GAME TOURNAMEN (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VII MTS NEGERI 1 KOTA PALU |
Nama: ZUL PADLI |
Tahun: 2020 |
Abstrak RINGKASAN Zul Padli, 2020. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada Mata pelajaran IPA Biologi Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Palu. Program studi pendidikan biologi, jurusan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas tadulako. Pembimbing Ritman Ishak Paudi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA Biologi Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Palu. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya hasil belajar siswa hingga mencapai ketuntasan sesuai dengan stadar ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 75%. Adapun presentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I hanya mencapai 68,6% sedangkan pada siklus II mencapai 77,15 % dimana terjadi peningkatan yang signifikan serta respon siswa pada metode pembelajaran ini sangat baik sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran ini siswa dapat berkerja sama tanpa adanya perbedaan satu sama lain, selain itu permainan tournament membuat siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran, dengan adanya permainan tournament membuat siswa dapat bersaing dengan siswa yang lain dan adanya penghargaan membuat siswa merasa diakui, Kata Kunci : Hasil Belajar, Team Game Tournament (TGT), Klasifikasi makhluk hidup |