JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BIOLOGI MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BERBANTUAN MEDIA SEGAR DI KELAS X IPA 1 SMAN 5 MODEL PALU |
Nama: ASMAUL HUSNA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa tentang biologi melalui penerapan pendekatan keterampilan proses sains berbantuan media segar di kelas X IPA 1 SMAN 5 Model Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada modifikasi spiral Kemmis dan Mc Taggart. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA 1 di SMAN 5 Model Palu, terdiri dari 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu; tes pretest-posttest dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebanyak dua siklus di kelas X IPA 1 SMAN 5 Model Palu, hasil belajar siswa sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata 70, dengan persentase KBK sebesar 54,28%. Hasil belajar siswa setelah diajar dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses sains berbantuan media segar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 80, dengan persentase KBK sebesar 77,14?n pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 89, dengan persentase KBK sebesar 100%. Dengan demikian, rata-rata hasil belajar siswa telah meningkat. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses sains berbantuan media segar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 1 SMAN 5 Model Palu. Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, Media Segar. |