JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BAMBALAMOTU |
Nama: BAHARIA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA3 SMA Negeri 1 Bambalamotu melalui media atau alat peraga. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action reasearch) mengacu pada tahapan PTK model Kemmis dan Mc. Taggart yang terbagi menjadi 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas XI MIPA3 SMA Negeri 1 Bambalamotu yang berjumlah 32 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya pembelajaran biologi dengan menggunakan media atau alat peraga diperoleh persentase daya serap klasikal baru mencapai 69,38?n persentase ketuntasan belajar klasikal baru mencapai 34,38%. Namun setelah diterapkannya pembelajaran biologi dengan menggunakan media atau alat peraga pada siklus I dan II diperoleh data bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hasil belajar siklus I diperoleh persentase daya serap klasikal sebesar 84,38?n persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 81,25%. Kemudian pada hasil tes siklus II diperoleh persentase daya serap klasikal sebesar 92,81?n presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%. Hasil tersebut dinyatakan tuntas karena telah mencapai standar ketuntasan minimal yang ditetapkan Depdikbud (2001) yaitu sebesar 85%. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Alat Peraga. |