Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA-BIOLOGI SMP NEGERI 1 SOJOL UTARA
Nama: Lismawati
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Lismawati, 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA-Biologi SMP Negeri 1 Sojol Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Lilies Tangge. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA-Biologi. Jenis rancangan penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Designe). Menggunakan rancangan Prates-Pascates yang tidak Ekuivalen (The Non Equivalen, Pretest-Postest Design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sojol Utara Tahun Pembelajaran 2018-2019 yang berjumlah 81 siswa yang terdiri dari tiga kelas (A,B dan C). Penentuan Sampel dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Untuk mendapatkan data, digunakan teknik observasi, dan pemberian soal tes berupa soal pre-test dan post-test masing-masing berjumlah 10 butir soal, Analisis data menggunakan Uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji independent samples test angka singnifikan yang di peroleh adalah P=0,03(p>0,05). Jadi dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe group investigation berpengaruh sangat singnifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sojol Utara. Hasil uji normalitas sebaran data bahwa didapatkan hasil signifikan kelompok eksperimen sig. 0,200>0,05 dan kelompok kontrol sig 0,101>0,05 dengan demikian semua sebaran data berdistribusi normal. Dengan demikian disarankan kepada guru SMP Negeri 1 sojol utara, terutama kepada guru mata Pelajaran IPA-biologi dapat menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terutama pada materi sistem ekskresi karena terbukti berpengaruh terhadap peningka tan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model pembelajaran tipe group investigation (GI), hasil belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up