JudulAnalisis Perangkat Pembelajaran IPA Kelas VIII Di Mts Negeri 1 Palu |
Nama: NURAISYA RAHMA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nuraisyarahma, 2022. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan suatu bentuk prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam standar isi (standar kurikulum). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran IPA yang ada di Mts Negeri 1 palu. Hasil penelitian dan analisis data uji validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang di buat oleh guru Mts Negeri 1 Palu termaksud dalam kategori baik, hal ini dapat di lihat dari rata-rata persentase keseluruhan aspek penilaian yaitu 75% pada kategori baik. Hasil instrumen penilaian menunjukkan bahwa keseluruhan aspek penilaian termaksud dalam kategori baik namun terdapat 1 aspek penilaian yang memiliki persentase lebih rendah yaitu kompetensi inti dan kompetensi dasar pembelajaran dengan rata-rata 50% hal ini dikarenakan karena pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran belum lengkap. Menurut arikunto (2010), instrumen dapat dikatakan valid ketika dapat mengungkapkan data dari variabel secara tepat dan tidak menyimpang dari keadaan yang sebenarnya. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang memiliki 3 aspek penilaian yang terdiri dari 10 pertanyaan yang telah divalidasi oleh validator. Kata kunci: Analisis Perangkat Pembelajaran |