Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SOJOL UTARA
Nama: Sumarni
Tahun: 2019
Abstrak
Sumarni, 2019. Penggunaan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Pada Kelas VII SMP Negeri 1 Sojol Utara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA FKIP, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing Drs. Bustamin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Biologi melalui penggunaan model Picture and Picture di kelas VII SMP Negeri 1 Sojol Utara. Penelitian ini adalah penelitian tindak kelas yang mengacu pada modifikasi Spiral Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VII yang berjumlah sebanyak 24 orang, 9 orang siswa laki laki dan 15 orang siswa perempuan, dengan materi yang diajarkan yaitu pencemaran lingkungan. Dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai persentase yang diperoleh yaitu DSK sebesar 67,50?n KBK sebesar 58,33?ngan 14 orang yang tuntas, 10 orang tidak tuntas. Pada siklus II diperoleh nilai persentase DSK sebesar 82,91%, dan KBK sebesar 91,66?ngan 22 orang tuntas, 2 orang tidak tuntas. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam penggunaan model picture and picture pada mata pelajaran IPA Biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sojol Utara. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Picture and Picture.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up