Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA SMP NEGERI 1 TINOMBO DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Nama: RAHMATIKA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Rahmatika, 2020. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi Pada Siswa SMP Negeri 1 Tinombo dengan Model Problem Based Learning. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Amran Rede Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi pada siswa SMP Negeri 1 Tinombo dengan model Problem Based Learning . Penelitian dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action reasearch) yang terbagi menjadi 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tinombo yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta soal tes hasil belajar. Sebelum menggunakan model Problem Based Learning pembelajaran biologi pada siswa kelas VIII A masih berorientasi pada guru. Hasil penelitian menunjukan Hasil observasi aktivitas guru siklus I pada pertemuan pertama dan kedua dengan persentase 50?n 64,06% kemudian siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan pertama dan kedua yaitu 84,37?n 95,31%, hasil observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan pertama dan kedua dengan persentase 46,40?n 54,53% pada siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan pertama dan kedua dengan persentase 76,87?n 95,54%. Pada siklus I dan II diperoleh data bahwa hasil belajar siklus I pertemuan I diperoleh persentase daya serap klasikal sebesar 59?n persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 25% pada pertemuan II presentase daya serap klasikal sebesar 67,5?n presentase ketuntasan belajar klasikal 40%. Kemudian pada hasil tes siklus II pertemuan I diperoleh persentase daya serap klasikal sebesar 67,25?n presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 80% pada pertemuan II presentase daya serap klasikal sebesar 85,25?n presentase ketuntasan belajar klasikal 90% . Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Problem Based Learning.`

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up