JudulPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SMP NEGERI 19 PALU |
Nama: IWAN AHMAD SETIAWAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Iwan Ahmad Setiawan, 2021. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP Negeri 19 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing : Lilies Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian ini ialah penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posstest equivalent control group . Penelitian dilakukan pada dua kelompok: Kelas VIII C dengan jumlah 27 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A dengan jumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan aplikasi SPSS uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai level signifikan 0,034 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol perbedaan itu karena ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA di SMP Negeri 19 Palu Kata kunci:Metode Inkuiri, IPA, Hasil Belajar |