Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 6 PALU PADA MATERI BIOLOGI
Nama: DEWI SARITA
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Dewi Sarita, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 6 Palu pada Pokok Bahasan struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada sistem reproduksi melalui Penerapan Model Pembelajaran mind map: Pembimbing Astija Permasalahan berkaitan dengan proses belajar yang berada di Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 6 Palu yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran lebih berpusat pada guru. Melihat kondisi ini, maka diperlukan solusi yang tepat agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 6 pada pokok bahasan struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada sistem reproduksi melalui model pembelajaran mind map. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data hasil observasi diperoleh dari hasil pengamatan situasi pembelajaran, serta data kuantitatif yaitu data hasil belajar diperoleh dari hasil dari tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa berupa daya serap klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke II sebesar 14,41%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 6 Palu dalam pembelajaran pokok bahasan struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada sistem reproduksi. Kata Kunci: Hasil belajar, mind map ( peta pikiran)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up