JudulHUBUNGAN KESULITAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 5 SATAP BAMBALAMOTU |
Nama: FITRIANA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Fitriana, 2019. Hubungan Kesulitan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Biologi di SMP Negeri 5 Satap Bambalamotu. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Mursito S Bialangi, M.Pd. Kesulitan belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor kesulitan belajar yang bersumber dari faktor internal siswa berupa aspek bakat, minat, motivasi dan intelegensi. Sedangkan faktor eksternal siswa berupa sekolah, guru, sarana prasarana dan aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana pengaruh tingkat kesulitan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 5 Satap Bambalamotu. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII dan VIII dengan jumlah sampel 73 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis bivariat dengan menggunakan analisis korelasi spearmen. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh tingkat kesulitan belajar yang terjadi di SMP Negeri 5 Satap Bambalamotu dilihat dari rata rata persentasi pada faktor internal dan eksternal dimana faktor internal 50?n faktor eksternal 75%. Hal ini menunjukan bahwa faktor eksternal pengaruhnya lebih besar atau dikategorikan sangat kuat terhadap tingkat kesulitan belajar yang dialami siswa. Sedangkan faktor internal mendukung terjadinya kesulitan belajar. Berdasarkan hasil korelasi menggunakan aplikasi SPSS nilai korelasi tingkat kesulitan belajar dan prestasi belajar siswa yaitu 0,521**nilai signifikansi tingkat kesulitan belajar dan prestasi belajar yaitu 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh tingkat kesulitan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 5 Satap Bambalamotu berkorelasi atau berhubungan namun kekuatannya lemah dan signifikan atau searah. Kata Kunci : Kesulitan belajar, prestasi belajar. |