Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDESAIN SOAL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENGETAHUAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 4 PALU
Nama: Dian Saputri
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah soal yang dibuat oleh guru di SMA Negeri 4 Palu belum nampak sebagai soal High Order Thinking (HOT) yang mengukur kemampuan metakognitif siswa. Untuk itu peneliti mendesain soal untuk mengukur pengetahuan metakognitif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas butir soal pada kelas X dari segi validitas soal pilihan ganda dari total 20 soal menunjukkan 9 butir soal (45%) dinyatakan valid dan 11 butir soal (55%) tidak valid, pada kelas XI 10 butir soal (50%) valid dan 10 soal (50%) tidak valid, pada kelas XII 10 (50%) valid dan 10 (50%) tidak valid. Nilai reliabilitas pilihan ganda kelas X yaitu 0,64, kelas XI 0,66, kelas XII 0,96 . Untuk essay kelas X 0,84, kelas XI 0,44, kelas XII 0,75. Nilai tingkat kesukaran pilihan ganda yang masuk kategori sedang kelas X yaitu 8 (40%), kelas XI yaitu 2 (10%), kelas XII yaitu 2 (10%) dan soal essay semua kelas masuk kategori sedang. Nilai indeks daya beda pilihan ganda yang masuk kategori diterima kelas X yaitu 15 (75%), kelas XI yaitu 12 (60%) dan kelas XII yaitu 10 (50%). Kemampuan metakognitif siswa berdasarkan nilai rata-rata dan standar deviasi yaitu pada kelas X nilai rata-rata yang didapatkan 58,64, dan standar deviasi 10,44. Pada kelas XI nilai rata-rata yang didapatkan 57,4 dan standar deviasi 12,21, pada kelas XII nilai rata-rata yang didapatkan 42,16 dan standar deviasi 14,19. Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan metakognitif siswa di SMA Negeri 4 Palu kategori rendah dan soal yang didesain layak digunakan untuk mengukur kemampuan pengetahuan metakognitif siswa. Kata Kunci : Desain soal, pengetahuan metakognitif.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up