JudulIMPLEMENTASI MODEL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 SIGI |
Nama: Nikma Putri Utami |
Tahun: 2019 |
Abstrak Model inquiry merupakan model pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 4 Sigi dengan penerapan model inquiry. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dalam penelitian ini dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model inquiry. Subjek yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, tes akhir siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis tes akhir siklus, pada siklus I rata – rata skor kemampuan berpikir kritis yang dicapai siswa yaitu 60,35 berada pada kualifikasi cukup, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 68,41 pada kualifikasi baik. Selain itu, meningkatnya siswa yang memperoleh kemampuan berpikir kritis dalam kualifikasi baik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 8 siswa di siklus I menjadi 13 siswa disiklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Kata kunci : Model Inquiry, Kemampuan berpikir kritis siswa. |