JudulPENGARUH PENERAPAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK (Group Investigation) BERBASIS METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 BOLANO LAMBUNU |
Nama: Titin |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menjelaskan bagaimana pengaruh penerapan model investigasi kelompok (Groub investigation) berbasis metode resitasi terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Bolano Lambunu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Desaign. Sampel penelitian berjumlah 122 siswa. 61 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model investigasi kelompok (Groub investigation) berbasis metode resitasi dan 61 siswa lainya untuk kelas kontrol dengan menggunakan model diskusi. Hasil pretest yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 18,52 dan kelas kontrol sebesar 19,82. Sementara itu hasil posttest untuk kelas eksperimen sebesar 76,78 dan untuk kelas kontrol sebesar 67,79. Setelah dianalisis didapatkan hasil belajar untuk kelas eksperimen meningkat sebesar 58,26 sedangkan untuk kelas kontrol meningkat sebesar 47,97. Hasil pretest dan posttest yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t dan diperoleh hasil ? lebih besar dari ? atau ( 0,41 > 0,05). Hal ini menunjukan kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan berbeda tidak signifikan atau dengan kata lain memiliki kemampuan yang hampir sama. Sedangkan pada analisis data posttest dan peningkatan hasil belajar diperoleh hasil ? lebih kecil dari ? atau (0,00 < 0,05). Hal ini menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen berbeda signifikan atau dengan kata lain model investigasi kelompok (Groub Investigation) berbasis metode resitasi dapat mempengaruhi hasil belajar biologi siswa SMA negeri 1 Bolano Lambunu. Kata Kunci: Model Investigasi Kelompok (Groub Investigation), Metode Resitasi, Hasil Belajar Biologi Siswa |