Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALU
Nama: NURUL ANISA
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK NURUL ANISA,2019. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing : Ritman Ishak Paudi,S.Pd. M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik terhadap Hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu. Keberhasilan penelitian ini dilihat dari hasil ujian akhir atau posttest di kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini menggunakan pre experimental designs dengan group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen hasil belajar siswa adalah soal pilihan ganda yang telah divalidasi oleh validator. Persentase rata-rata hasil belajar pretest adalah 52.13 dan persentase rata-rata posttest adalah 73.05. Analisis data pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil uji statistik disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang mengikuti model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik kelas X SMA Negeri 4 Palu. Kata Kunci : Model Problem Based Learning; Pendekatan Saintifik; Hasil Belajar ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up