JudulPENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI MIPASMA NEGERI 5 MODEL PALU |
Nama: Nurmalasari |
Tahun: 2019 |
Abstrak Nurmalasari, 2019. Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu.Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Mestawaty. As.A Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Model Palu pada bulan Januari-Maret tahun 2019. Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh metode praktikum terhadap keterampilan proses sains di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment ( Eksperimen semu). Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA sebanyak 140 siswa dengan sampel sebanyak 55 siswa yang terbagi atas 2 kelas dan dipilih menggunakan teknik acak kelas (Cluster Random Sampling). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan nilai taraf signifikan 0.000 < ? = 0.05 atau H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dengan metode praktikum terhadap keterampilan proses sains Kata Kunci : Metode Praktikum ; Keterampilan Proses Sains |