Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG IPA BIOLOGI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 LORE TIMUR
Nama: Sisilia Ekasiana Gelong
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Sisilia Ekasiana Gelong, 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang IPA Biologi Kelas VIII di SMP Negeri 1 Lore Timur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Dr. Lilies Tangge, M.P. Model Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran dengan berbasis masalah yang kongkrit dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Audiovisual terhadap hasil belajar siswa tentang IPA Biologi Kelas VIII di SMP Negeri 1 Lore Timur. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment (Eksperimen semu) dengan desain the non-equivalent pretest-posttest control group design. Sampel yang dipilih mengunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (n=32) dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol (n=32). Berdasarkan hasil analisis data pretest untuk kelas eskperimen diperoleh rata-rata skor adalah 43,22 dengan standar deviasi 9,12, sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata skor adalah 43,06 dengan standar deviasi 9,35. Setelah diberikan perlakuan pada kedua kelas tersebut diperoleh data hasil posttest pada kelas eksperimen memiliki rata-rata skor 80,19 dengan standar deviasi 7,39, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata skor adalah 67,12 dengan standar deviasi 6,99. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak dengan nilai signifikan ? = 0,05. Diperoleh nilai thitung = 7,657 dan ttabel = 1,998 ( thitung>ttabel ) dengan nilai signifikan adalah 0,00 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan Ho dan H1 berada di daerah penerimaan. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah diberi perlakuan sehingga dapat dikatakan ada pengaruh model pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan media Audiovisual terhadap hasil belajar siswa tentang IPA Biologi kelas VIII di SMP Negeri 1 Lore Timur. Kata Kunci : Model problem based learning, media audiovisual, IPA, hasil belajar siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up