Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BANAWA TENGAH
Nama: Lutfi Ansari
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK LUTFI ANSARI, 2019. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Banawa Tengah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Lilies Tangge Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Banawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan Desain Pre-Test And Post-Test Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banawa Tengah. Sampel yang digunakan yakni kelas XI IPA 1 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI IPA 2 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Metode pengambilan sampel teknik pengumpulan data menggunakan tes. Uji validitas dan reliabilitas tes dilakukan dengan menggunakan bantuan Anates. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji-t. Hasil uji-t menunjukkan bahwa: Hasil belajar kelas eksperimen diperoleh taraf signifikasi (p) 0,003 < ? = 0,05 atau H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Banawa Tengah. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, hasil belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up