Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIK BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN
Nama: Sahna Labetta
Tahun: 2019
Abstrak
Sahna, 2019. Penerapan Pendekatan Scientifik Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dewi Tureni. Penerapan pendekatan scientifik guru harus senantiasa menciptakan suasana belajar yang kondusif untuk dapat mendorong keberhasilan peserta didik. Pencapaian hasil ditentukan oleh kompetensi atau kemampuan guru dalam mengelola interaksi belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Dampal Selatan melalui kegiatan praktikum dengan pendekatan scientifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (Arikunto, 2007) yang terdiri atas empat komponen yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian bahwa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Dampal Selatan dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pendekatan scientifik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil tes akhir (post test) siklus 1 diperoleh daya serap klasikal sebesar 65,10?n ketuntasan belajar klasikal sebesar 70%. Sedangkan siklus II telah mengalami peningkatan diperoleh daya serap klasikal sebesar 75,90?n ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,33%. Kata Kunci : Pendekatan Scientifik, Motivasi, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up