JudulPENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SMPN 1 MORI ATAS |
Nama: Silvina Ningtias |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Selvina Sanggona, 2019. Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMPN 1 Mori Atas Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: (I) Lilies Tangge (II) Dewi Tureni. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII di SMPN 1 Mori Atas. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain pret-test dan post-test group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Mori Atas. Sampel yang digunakan yakni kelas VIII B yang pembelajarannya dengan menggunakan pendekatan saintifik, dan kelas VIII A yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah. Metode survei dilaksanakan di SMPN 1 Mori Atas pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Topik IPA yang dipelajari adalah sistem pernapasan pada manusia. Data tentang penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA dikumpulkan melalui soal test pilihan ganda berjumlah 14 nomor. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji-t. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang artinya terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecah masalah siswa di SMPN 1 Mori Atas. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Kemampuan Pemecahan Masalah. |