Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 TOMINI
Nama: FATNI SARI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Fatni Sari, 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Tomini. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing Dr. Lilies Tangge M.P. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA Biologi terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Tomini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel terdiri 52 siswa dari kelas VII A dan VIII B. Jenis Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Desing. Instrumen tes penelitian yang digunakan adalah tes soal essai terdiri dari 48 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase rata-rata Pretest adalah 75,41 dan posttest adalah 77.86. Analisis data pengujian hipotesis menggunkan uji-t. Dari hasil uji statistik diperoleh bahwa hasil belajar siswa menggunakan model PBL nilai Sig. (2 tailed) 0.000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA Biologi terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Tomini. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up