Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MIPA 2 DI SMA NEGERI 1 DONDO |
Nama: HALIMA TUSSA'ADIA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Probing Prompting adalah pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan peserta didik dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Rendahnya hasil belajar siswa karena proses pembelajaran Biologi lebih didominasi oleh guru secara konvensional. Maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Probing Promting pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 1 Dondo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, prosedur penelitian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas secara individu 24 siswa atau 66,6%, siswa yang tidak tuntas 12 siswa atau 33,3%, persentase Daya Serap Klasikal yaitu 78?n persentase Ketuntasan Belajar Klasikal 67% . Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas secara individu 32 siswa atau 88,8%, siswa yang tidak tuntas 4 siswa atau 11,1%. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II sudah memenuhi kriteria di atas nilai KKM yaitu 75 dengan persentase Daya Serap Klasikal mencapai 90,30?n persentase Ketuntasan Belajar Klasikal mencapai 89,9%. Demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Probing Promting dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA 2 pada Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Dondo. |