JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DISMP NEGERI 3 PALU |
Nama: YULIANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Yuliana, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Lilies Tangge. Model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah sesuatu model yang mampu melahirkan interaksi berpikir siswa, antara yang diyakini anak sebelumnya terhadap suatu bukti baru. Berpikir tingkat tinggi terjadi ketika seseorang mengambil informasi baru dari informasi yang tersimpan dalam memori dan saling berhubungan atau menata kembali dan memperluas informasi ini untuk mencapai tujuan atau menemukan jawaban yang mungkin dalam situasi membingungkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP Negeri 3 Palu pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai yang dibuat oleh peneliti, lembar observasi yang berisi daftar kegiatan yang terlaksana dan diamati untuk mengobservasi keterlaksanaan sintaks model pembelajaran inkuiri terbimbing dan dokumentasi. Temuan dari hasil penelitian ini adalah dengan diperoleh data hasil belajar postes siswa pada kelas kontrol menunjukan hasil yang kurang memuaskan yaitu 111.48 dan jauh dari rerata hasil postes dikelas eksperimen yaitu 135.33. Hasil tersebut didukung pula oleh hasil pengolahan data secara statistik yang menunjukkan bahwa hasil postes pada kedua kelas berbeda secara signifikan. Bersamaan dengan nilai hasil belajar siswa kelas VII, pengujian hipotesis memberi hasil 0.000 yang artinya 0.000<0.05 dengan kata lain H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga kesimpulan akhir terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Palu. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi |