JudulPenerapan Metode Pembelajaran Koopratif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Di Kelas VII C SMP Negeri 1 Galang Kabupaten Tolitoli |
Nama: DWI KURNIA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Dwi Kurnia, 2019. Penerapan metode pembelajaran koopratif tipe team games tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi di Kelas VII C SMP Negeri 1 Galang kab. Tolitoli. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Drs. Muchlis Djirimu, M.Pd Pembelajaran model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran yang sangat menarik dan menyenangkan. Siswa SMP Negeri 1 Galang kab.Tolitoli rata-rata nilai dari kelas VII secara keseluruhan masih belum mencapai KKM. Penyebab belum mencapainya KKM karena guru masih mengajar dengan cara yang monoton seperti ceramah yang menyebabkan siswa kurang termotivasi dan merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C pada mata pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 1 Galang Kab. Tolitoli melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Adapun desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu desain penelitian yang mengacu pada alur kemmis dan Mc Taggart. Analisa data yang digunakan adalah analisa secara deskritif kualitatif dengan menggunakan teknik konversi skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari setiap siklus mengalami peningkatan nilai siswa. Siklus 1 rata-rata nilai siswa yaitu 59,1 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 orang dengan nilai kbk 30,43%. Pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 82,1 dan siswa tuntas secara keseluruhan yaitu 23 siswa dengan kbk 100%.Metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sanagt layak diterapkan di SMP Negeri 1 Galang Kab. Tolitoli. Kata Kunci: Model pembelajaran tipe TGT, Hasil belajar |