Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENDEKATAN PERSUASIF GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI KOTA PALU
Nama: NORFITA DEWI
Tahun: 2019
Abstrak
Norfita Dewi, (2019). Pengaruh Pendekatan Persuasif Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biolagi di SMA Negeri Kota Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Muchlis Djirimu (II) Dewi Tureni Pendekatan merupakan salah satu hal penting yang harus ada dalam proses pembelajaran, karena sifatnya yang mampu menyampaikan informasi kepada pihak lain, dalam hal ini menyampaikan materi pembelajaran dari seorang guru kepada siswa. Pendekatan mempunyai peranan tersendiri dalam mendukung kelancaran proses pembelajaran, yaitu untuk membangun interaksi antara siswa dan guru. Pelaksanaan pendekatan dalam pembelajaran menjadi salah satu hal yang juga harus diperhatikan, karena sedikit banyak keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh pendekatan yang terjadi di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Pengaruh pendekatan persuasif guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMAN Kota Palu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dan pembagian instrumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 5, 3 dan 7. Hasil penelitian yang di lakukan di SMA Negeri 5 palu diperoleh nilai rata-rata angket pendekatan persuasif guru diperoleh 69,6 , sedangkan rata-rata hasil motivasi belajar biologi siswa diperoleh 79,66. Hasil penelitian di SMA Negeri 3 di peroleh nilai rata-rata pendekatan persuasif guru yaitu 69,42 sedangkan nilai rata-rata motivasi belajar siswa 79,38. Hasil penelitian di SMA Negeri 7 di peroleh nilai rata-rata pendekatan persuasif guru yaitu 69,86 sedangkan nilai rata-rata motivasi belajar siswa yaitu 79,14.Hasil perhitugan untuk SMA Negeri 3 Palu didapatkan hasil Uji Normalitas menyatakan nilai Asymp. Sig. (2- tailed) sebesar 0.624 > 0,05. dinyatakan data yang digunakan dalam penelitian ini telah berdistribusi normal sedangkan untuk anava nilai signifikansi 0,926 < 0> 0,05. sedangkan untuk Anava nilai signifikansi 0,113 < 0> 0,05. sedangkan untuk Anava nilai signifikansi 0,268 < 0,05. Pengaruh pendekatan persuasif guru berpengaruh sangat kuat terhadap motivasi siswa. Kata Kunci: Pendekatan Persuaif, Motivasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up