Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TINOMBO KECAMATAN TINOMBO KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: Fajra
Tahun: 2019
Abstrak
IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TINOMBO KECAMATAN TINOMBO KABUPATEN PARIGI MOUTONG Fajra 1, Ritman Ishak Paudi 2, Hayyatun Mawaddah2 1 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi 2 Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Biologi E-mail : fajrabio013@gmail.com ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tinombo dalam mata pelajaran IPA Biologi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian diambil dari seluruh kelas VIII yang berjumlah 48 orang siswa. Sedangkan data dilihat secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII mengalami kesulitan belajar tertinggi terdapat pada indikator diri siswa yakni didominasi oleh sub-indikator minat belajar dengan persentase sebesar 99,79% hal ini dikategorikan sangat tinggi dan sub-indikator sekolah dengan persentase sebesar 86,87% dikategorikan sangat tinggi mempengaruhi belajar siswa. Sedangkan untuk indikator keluarga tertinggi ada pada sub-indikator perhatian orang tua sebesar 53,95% dikategorikan cukup tinggi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata untuk masing-masing indikator yakni untuk indikator diri siswa sebesar 55,18%, indikator lingkungan diperoleh rata-rata sebesar 38,00% sedangkan untuk indikator keluarga diperoleh sebesar 38,60%. Ketiga indikator tersebut menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa SMP Negeri 1 Tinombo cukup tinggi. Kata Kunci: Identifikasi; Kesulitan Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up