Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Group Investigation UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PELAJARAN IPA DI MADRASYAH TSANAWIYAH NEGERI 4 KOTA PALU
Nama: AYU NURLITA
Tahun: 2019
Abstrak
Ayu Nurlita, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Koooperatif tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pelajaran IPA di Madrasyah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Lilies Tangge, M.P. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa karena proses pembelajaran IPA lebih dominan bersifat konvensional atau berpusat pada guru. Rumusan masalah apakah dengan Menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigtion pada mata pelajaran geografi kelas VIII Pada Pelajaran IPA Di MTs. Negeri 4 Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, prosedur penelitian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas secara individu 12 siswa atau 63%, siswa yang tidak tuntas 7 siswa atau 37%, Persentase daya serap klasikal yaitu 76,5%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas secara individu 17 siswa atau 89,5%, siswa yang tidak tuntas 2 siswa atau 10,5%. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II sudah memenuhi kreteria di atas nilai KKM yaitu 75 dengan persentase daya serap klasikal mencapai 88%. Demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Pada Pelajaran IPA Di Madrasyah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Palu. Kata Kunci :Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, IPA, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up