JudulHUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 DAMPELAS |
Nama: ARLINA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Arlina, 2019. “Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran Biologi di SMP Negeri 1 Dampelas”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr Mohammad Jamhari, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 1 Dampelas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif–kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 197 orang dengan sampel sebanyak 40 siswa dan terbagi dalam 3 kelas. dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuisioner (angket), tes hasil belajar (ulangan harian), dan dokumentasi. Validitas instrumen angket dan hasil belajar yang dilakukan dengan analisis butiran menggunakan rumus korelasi pearson produk moment. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi pearson produk moment. Dari hasil analisis penelitan menujukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi yang dilihat dari nilai rhitung= 0,005 > rtabel = 0,312 dengan nilai signifikasi =0,312 < sig. (?=0,05%) ini berarti bahwa terdapat Hubungan secara signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 1 Dampelas. Kata Kunci : Motivasi belajar hasil belajar, dan biologi |