Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MAN 1 PALU
Nama: MUSLIMAH
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Muslimah (2019), Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA pada Pembelajaran Biologi di MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 1 Palu, Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, (Pembimbing I) Gamar Binti Non Shamdas (Pembimbing II) Lilies Tangge. Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas X IPA pada pembelajaran Biologi di MAN 1 Palu yang belum dapat terukur secara benar dan dikategorikan masih kurang. Hal tersebut dapat dilihat dari sebagian siswa melakukan aktivitas belajar yang tidak sungguh-sungguh, masih rendahnya keinginan siswa terhadap pembelajaran biologi yang disebabkan rasa ingin tahu siswa belum tercipta, siswa melakukan aktivitas lain saat proses belajar biologi di kelas dilakukan, serta siswa yang tidak memperhatikan pelajaran saaat guru menerangkan didepan kelas, dan beberapa siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Sampel yang digunakaaan dalam penelitian ini adalah 1 orang guru biologi dan siswa kelas X IPA sebanyak 26 orang. Metode Penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi peran guru sebagai faktor pendukung dalam memotivasi siswa belajar biologi pada kegiatan guru mengoreksi pekerjaan rumah dan memberikan nilai, memberi kesempatan bertanya, memberi bantuan dan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan, menerapkan metode diskusi (Kerja Kelompok), memberikan soal latihan, memberikan apresiasi berupa pujian terhadap keberhasilan siswa, memberikan pekerjaan rumah, memberikan teguran jika tidak mengerjakan soal latihan, memberikan kuis kepada siswa, memperlihatkan kemajuan belajar siswa, menyampaikan tujuan mempelajari materi, serta guru tidak monoton dalam menyampaikan materi dan faktor penghambat adalah guru kurang menggunakan alat peraga dan media belajar serta kurang apresepsi kepada siswa. Kata Kunci : Guru, motivasi belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up