JudulKERAGAMAN JENIS TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI HULU DAERAH ALIRAN SUNGAI POBOYA KOTA PALU DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN |
Nama: Muh. Idris |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Muh. Idris, 2019. Keragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Hulu Daerah Aliran Sungai Poboya Kota Palu dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran. Pada Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Samsurizal M. Suleman. Tumbuhan paku adalah tumbuhan golongan herba yang menjadi bagian dari vegetasi penyusun lantai daerah aliran sungai Poboya dalam kawasan tahura kota Palu, provinsi sulawesi tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan paku, dan membuat media pembelajaran dalam bentuk poster yang layak digunakan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode jalur dengan teknik pengambilan sampel secara koleksi bebas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di hulu daerah aliran sungai Poboya diperoleh 16 jenis tumbuhan paku yang terdiri dari 2 kelas, 3 Ordo dan 8 Famili, yaitu Angiopteris angustifolia Presl, Crypsinopsis platyphyllus (Sw.) Pichi Serm, Diplazium esculentum (Retz.) Sw., Drynaria sparsisora (Desv.) Moore, Elaphoglossum sp., Nephrolepis biserrata (Sw.) Schott, Phymatosorus longissimi (BI.) Pichi Serm, Pneumatopteris callosa (BI.) Nakai, Selaginella plana Hieron yaitu Adiantum cuneatum Lansd. & Fisch, Adiantum malesianum Ghatak, Adiantum trapeziforme L., Asplenium nidus L., Blechnum vestitum (BI.) Khun, Nephrolepis falcata (Cav.) C. Chr dan Phymatosorus sp. Tumbuhan paku yang diperoleh adalah 16 jenis dan berdasarkan habitatnya ditemukan 11 jenis tumbuhan paku teresterial dan 5 jenis tumbuhan paku epifit. Hasil analisis kelayakan media pembelajaran dalam bentuk poster setelah melalui proses validasi dan uji kelayakan diperoleh nilai rata-rata 84,25% atau dikategorikan layak untuk digunakan. Kata Kunci : Keragaman Jenis, Tumbuhan Paku, Media Pembelajaran. |