JudulPENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA MATAKULIAH BIODIVERSITY UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA |
Nama: BUSTAMIN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Judul: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Pada Matakuliah Biodiversity Untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Program Studi Pendidikan Sains Program Doktor, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Bahan ajar merupakan faktor pendukung yang digunakan agar tercapainya tujuan dari proses pembelajaran. Fakta yang diperoleh bahwa masih kurang tersedianya bahan ajar yang berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam melatih kemampuan berfikir kritis mahasiswa. Oleh karenanya dibutuhkan suatu bahan ajar yang dapat membantu mahasiswa dalam melatih kemampuan berfikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis TPACK yang valid, efektif dan praktis pada materi keanekaragaman hayati. Serta menjelaskan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis TPACK. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE. Model terdiri dari 5 tahapan yaitu anaisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket validasi materi dan media. Hasil penelitian diperoleh bahwa bahan ajar berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada materi Biodiversity telah valid atau layak untuk digunakan pembelajaran. Validitas tersebut terdiri atas validasi materi memperoleh skor 91.25?n media sebesar 96.42%. dengan pengujian N-Gain 0.75 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) yang dikembangkan pada materi Biodiversity efektif terhadap kemampuan berfikir kritis mahasiswa. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan ajar, TPACK, Berfikir Kritis |