JudulPENGEMBANGAN ASESMEN KINERJA PRAKTIKUM PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS KARAKTER UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KONSEP DIRI MAHASISWA |
Nama: ELIAUMRA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Asesmen adalah komponen pembelajaran yang dapat berperan sebagai motivasi diagnostik, panduan penilaian orientatif, sebagai konfirmatori, serta dapat melatih mahasiswa untuk berpikir dan aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk asesmen kinerja praktikum pencemaran lingkungan berbasis karakter, mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dan konsep diri mahasiswa, mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan efektifitas produk asesmen. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE yaitu analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. Sampel adalah mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Sintuwu Maroso Poso berjumlah 56 orang, Jurusan Biologi Universitas Tadulako berjumlah 34 orang dan Program Studi Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Palu berjumlah 30 orang yang memprogramkan mata kuliah pencemaran lingkungan pada semester genap 2018/2019. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh produk berupa lembar observasi dan rubrik kinerja praktikum berbasis karakter, tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan angket konsep diri mahasiswa pada praktikum pencemaran lingkungan. Validitas produk asesmen rata-rata 91,56% kategori sangat valid berdasarkan hasil uji coba ahli dan uji coba lapangan, keterlaksanaan sangat tinggi dengan persentase 81,94?rdasarkan hasil implementasi pada kegiatan praktikum pencemaran lingkungan dan memiliki keefektifan yang baik berdasarkan nilai hasil kinerja praktikum berbasis karakter, kemampuan berpikir tingkat tinggi dan konsep diri mahasiswa dengan persentase 81,94?rkategori sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk asesmen yang dihasilkan telah dinyatakan valid, praktis dan efektif. |