JudulPENGEMBANGAN MODEL PENJAMINAN MUTU PEMBINAAN GURU KIMIA BERBASIS CONNECTED, SCIENTIFIC DAN CHARACTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE KOTA PALU |
Nama: ABDUL GANI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Profesionalisme guru merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan, terutama pada tingkat pendidikan dasar sampai menengah untuk mencapai standar mutu yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model penjaminan mutu pembinaan guru kimia berbasis connected, scientific, dan character (conscicha) yang efektif, praktis dan dapat meningkatkan kompetensi guru kimia. Penelitian ini mengikuti model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 3 tahap, yaitu pendahuluan, pengembangan dan evaluasi. Sampel adalah guru kimia (n=38) SMAN Negeri/Swasta di Palu. Instrumen yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, tes dan studi dokumen. Ruang lingkup penelitian adalah kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Model penjaminan mutu pembinaan guru kimia berbasis conscicha meliputi 5 komponen yaitu: (1) penetapan standar, (2) pemetaan, (3) perencanaan, (4) pemenuhan mutu. (5) monitoring dan evaluasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan tertinggi setiap tahap yaitu, pada: (1) uji coba lapangan awal, kompetensi profesional 39%, (2) uji coba lapangan utama, kompetensi pedagogik 45%, dan (3) uji coba lapangan operasional kelompok eksperimen, kompetensi profesional 52%, Temuan penelitian ini adalah model conscicha yang telah dikembangkan efektif, praktis dan dapat meningkatkan kompetensi guru kimia. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model penjaminan mutu pembinaan guru kimia berbasis conscicha efektif dan praktis untuk digunakan dan dapat meningkatkan kompetensi guru kimia. |