Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI GURU IPA SE-KABUPATEN DONGGALA
Nama: IKA ISTADEWI
Tahun: 2019
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan asesmen berbasis kurikulum 2013 untuk mengukur kemampuan berfikir kritis dan metakognisi guru IPA SMP yang berkualitas dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Metode penelitian ini terdiri dari studi pendahuluan, pengembangan instrumen dan penilaian tim ahli. Sampel dalam penelitian adalah guru mata pelajaran IPA SMP Negeri Kabupaten Donggala berjumlah 107 orang. Asesmen berbasis kurikulum 2013 yang dikembangkan terdiri dari analisis kurikulum 2013, materi IPA, kisi-kisi, kartu soal, soal, rubrik dan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan bantuan program software anates. Hasil penelitian yaituinstrumen asesmen berbasis kurikulum 2013 menghasilkan produk tes yang telah ditelaah oleh tim validator dan layak digunakan. Kualitas tes yaitunilai rata-rata tes asemen berfikir kritis 0,71 dan tes metakognisi 0,66 dengan kategori valid. Kelayakan asesmen tes yang dikembangkan untuk tes berfikir kritis 0,83 kategori sangat tinggi dan tes metakognisi 0,79 kategori tinggi. Asesmen tes berbasis kurikulum 2013 pada guru IPA diperoleh produk tes asesmen berpikir kritis dan metakognisi sangat efektif.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up